Langsung ke konten utama

Latar Berdirinya Tugu Pancasila Pesantren Dogiri

 


 Judul Buku:

Tugu Pancasila Pesantren Dogiri: Kumpulan Cerpen Pilihan

Penulis:

Mokh. Syaiful Bakhri

Penerbit:

Cipta Pustaka Utama

Tahun Terbit/Tebal:

2024/ 136 halaman

Harga:

Rp 65.000,-

Pemesanan:

WA 08123305871 

Sinopsis: 

Tugu Pancasila Pesantren Dogiri: Kumpulan Cerpen Pilihan  mencoba memahami realitas lain di balik realitas yang tampak dalam berbagai fenomena kehidupan sehari-hari. Seremeh apa pun fenomena yang ada dalam kehidupan ini, pastilah ada “sesuatu” di baliknya yang patut untuk direnungkan dan “dipetik” pelajarannya. Seperti dalam cerita “Pesan dari Bung Karno”, “Hati Sebening Embun”, “Mata Batin Sang Kiai”,  “Penyakit Misterius”, ataupun dalam cerita “Terlahir Tanpa Tangisan”.  

Melalui cerita “Tugu Pancasila Pesantren Dogiri” kita menemukan fenomena unik perjuangan seorang kiai dari pesantren dalam mengobarkan  perlawanan terhadap tentara Kolonial yang menjajah negerinya. Tentara Kolonial dibuat tak berdaya dengan kekuatan spiritual seorang kiai dalam berperang. Kerikil yang dilemparkan ke arah tentara Kolonial berubah menjadi peluru tajam, dan bom yang dijatuhkan oleh tentara Kolonial dari burung besi berubah menjadi semangka.  

Secara keseluruhan kumpulan cerpen ini berisi beragam pelajaran dan hikmah. Pembaca akan mendapatkan semua itu di seluruh sekuel cerita. Kekhasan kumpulan cerpen ini adalah seluruh struktur atau bangun cerita yang ditampilkan benar-benar ada di sekitar kita; entah di sekitar kita tinggal, tempat kerja, atau bahkan di dalam kehidupan bangsa ini. Pembaca akan manggut-manggut menerima inner logic yang disuguhkan oleh penulis. 

 

 

 


Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.