Langsung ke konten utama

Peran Besar Pesantren Mendidik Masyarakat

 

 

    Sebagai salah satu sistem pendidikan tertua di Indonesia adalah Pondok Pesantren, bahkan Pondok Pesantren sudah berperan besar dalam pendidikan masyarakat khususnya di bidang keagamaan jauh sebelum Indonesia ini lahir. Oleh karena itu lahirnya sebuah lembaga pendidikan Pondok Pesantren biasanya atas dasar kegigihan perjuangan  para kiai dan swadaya masyarakat, tanpa menafikan peran serta pemerintah pada akhir-akhir ini.


    Secara de jure  Pondok Pesantren baru masuk dalam subsistem pendidikan nasional setelah terbitnya UU Sisdiknas nomor 20 tahun 2003. Jadi lembaga pendidikan Pondok Pesantren sejak dahulu identik dengan kemandiriannya, baik dalam kelembagaan, kurikulum, manajemen, ketenagaan dan pendanaann setiap lembaga Pendidikan Pondok Pesantren,  HA. Saifulloh Naji, Sekretaris Umum Pengurus Pondok Pesantren Sidogiri, memiliki ciri khas masing-masing, keragaman ini menjadi kekuatan tersendiri bagi Pondok Pesantren. Walaupun secara umum Pondok Pesantren bisa kategorikan dalam dua kelompok, Pesantren Salaf dan Pesantren Muashirah, modern atau terpadu.


    Dengan ciri khas masing-masing, tentu pondok pesantren memiliki standar, target, program, dan manajemen yang berbeda pula.  “Untuk merealisasikan semua itu, membutuhkan kemandirian agar Pondok Pesantren bisa tetap tegak mengawal visi, misi dan ciri khasnya dan tidak membebani pemerintah,” papar Ketua Tanfidziyah MWC NU Sidogiri ini.


    Berikut petikan wawancara perihal kemandirian pesantren dengan HA. Saifulloh Naji dengan Pembina Majalah Insani Mokh. Syaiful Bakhri beberapa waktu lalu.


Bagaimana pandangan Anda tentang kemandirian pesantren?

Ada beberapa hal yang terkait dengan kemandirian Pondok Pesantren antara lain lembaga, manajemen, kurikulum, ketenagaan dan pendanaan. Pondok pesantren Sidogiri mandiri secara kelembagaan karena tidak berafiliasi dengan lembaga pendidikan manapun. Manajemen dibangun atas usaha mandiri Pondok Pesantren Sidogiri (PPS) dan tidak bergantung kepada orang lain. Standar kurikulum disahkan oleh Pengasuh dan Majelis Keluarga PPS didasarkan pada kebutuhan perjuangan PPS.  Ketenagaan PPS memiliki standar sendiri berdasarkan kebutuhan pendidikan dan pengajaran di PPS. Kebutuhan dana di PPS bersumber dari santri/wali santri, usaha mandiri PPS melalui kegiatan ekonomi pesantren dan sumbangan dari alumni dan simpatisan yang tidak mengikat dan halal.


Apakah Sidogiri merupakan pesantren yang sudah mandiri?

Pengurus PPS sejak dahulu dididik oleh para masyaikh PPS dalam memenuhi kebutuhan PPS dengan usaha mandiri dan tidak bergantung kepada pihak lain, agar PPS bisa tetap tegak dalam mengawal tujuan PPS dan  budaya luhur pesantren.


Apa yang menunjang kemandirian Sidogiri?

Faktor penunjang kemandirian pesantren adalah tekad semua pihak untuk terus menjaga PPS ini seperti amanat para masyaikh terdahulu dan kemandirian ekonomi pesantren. Kemandirian PPS ditopang oleh dua hal yaitu prinsip dan sikap  mulia yang dihasilkan dari tempaan pendidikan PPS dan profesionalitas.  Seperti para guru dalam melaksanakan tugas mengajar, mereka memiliki prinsip bahwa mengajar itu adalah bagian dari dakwah, bagian dari khidmah terhadap para masyaikh dan santri, bagian dari kewajiban dalam mengajarkan ilmu yang dimiliki. Bagitu pula bagi mereka yang aktif dalam kegiatan ekonomi pesantren, mereka berkeyakinan ini tidak semata-mata urusan bisnis tapi sarat dengan nilai perjuangan, ibadah dan khidmah, karena di belakang yang mereka kerjakan terdapat banyak sekali kegiatan pendidikan dan dakwah yang bergantung dengan usaha pesantren. Dengan masuk dalam kegiatan usaha pesantren ini, sedikit banyak mereka memiliki andil dalam mensukseskan pendidikan dan dakwah PPS.


Untuk mencapai kemandirian itu apa Sidogiri menerapkan prinsip-prinsip manajemen?

Dalam merencanakan kemandirian pesantren sesuai dengan bidangnya, PPS menjalankan semua fungsi manajemen untuk memastikan semua planning terealisasi dengan baik.


Program apa saja yang dikelelola oleh manajemen mandiri Sidogiri?

Ada beberapa program besar di PPS, dan masing-masing dikelola oleh manajemen yang mandiri antara lain.

a.       Program pendidikan baik internal PPS atau melalui lembaga-lembaga yang berafiliasi dengan PPS

b.      Program Dakwah, melalui manajemen  TMTB dan Dai

c.       Program sosial, dalam bentuk LAZ, L Kaf, DAS dan DKS

d.      Ekonomi pesantren, melalui usaha Kopontren Sidogiri

e.       Program Alumni PPS, melalui IASS

 

Program-program tersebut sekaligus menjadi upaya mandiri PPS dalam menjalankan fungsi tafaqquh fiddin, tazkiyatun nafsi dan dakwah.


Apa prinsip yang menjadi standar kemandirian Sidogiri?

Prinsip-prinsip kemandirian di PPS menjadi standar nilai dalam melakukan pengawasan, baik dalam bentuk laporan, pengawasan lapangan dan evaluasi program.


Apa pilar utama yang mendukung kemandirian Sidogiri?

Di organisasi PPS ada dua pilar yang mendukung kemandirian sesuai dengan fungsinya yaitu kepemimpinan yang kharismatik dan manajemen yang profesional. Kepemimpinan ada di Pengasuh dan Majelis Keluarga, beliau² ini yang menetapkan arah dan haluan PPS, sedangkan manajemen berada pada ranah pengurus dalam mewujudkan cita-cita luhur Pengasuh dan Majelis Keluarga.


Usaha apa yang dilakukan untuk mendukung kemandirian Sidogiri?

PPS memiliki beberapa usaha yang dikelola oleh Kopontren Sidogiri untuk mendukung kemandirian ekonomi PPS. Hasil usaha Kopontren Sidogiri menjadi salah satu dari 2 sumber utama pendanaan PPS yaitu SHU Kopontren Sidogiri dan Ianah Maslahah.


Apa manfaat kemandirian Sidogiri bagi Pemerintah?

PPS berkomitmen untuk menjadi anak yang baik dan mandiri, tidak merepotkan orang tuanya  dan sebisa mungkin membantu pemerintah. Realita di  lapangan masih banyak lembaga pendidikan pesantren yang lebih membutuhkan bantuan pemerintah, Oleh karena itu PPS menyarankan agar bantuan itu diberikan kepada yang lebih membutuhkan. Hal ini sesuai dengan kaidah “Kebijakan pemerintah atas rakyat didasarkan atas kemaslahatan”.


Oleh Mokh. Syaiful Bakhri (Guru Sosiologi SMAN 1 Gondangwetan)

Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.