Langsung ke konten utama

KIAI ABDUL HAMID DAN JERITAN POHON YANG TERIKAT





Buku Kiai Abdul Hamid dan Jeritan Pohon yang Terikat: Permata Teladan Masyayikh Pesantren ini berusaha menyuguhkan permata teladan masyayikh pesantren seperti Kiai Abdul Hamid, Syaikh Maulana Muhammad Said, Kiai Abdul Adzim, Syaichona  Cholil Bangkalan, Kiai Cholil Nawawie, Kiai Nawawie Abdul Djalil, Kiai Hasani Nawawie, KH. Abdul Ghofur, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Wahab Chasbullah,  KH. Bishri Syansuri dan KH. Abdurrahman Wahid.

Keteladanan 12 masyayikh pesantren yang bersumber dari ajaran-ajaran Islam yang otentik itu, sarat dengan pesan-pesan moral yang sangat dibutuhkan oleh umat manusia yang hidup di akhir zaman ini. Keteladanan Kiai Abdul Hamid, Syaikh Maulana Muhammad Said dan Kiai Abdul Adzim dalam menebarkan rahmat Islam kepada binatang dan pohon, misalnya, patut untuk diteladani oleh umat manusia yang saat ini tengah menghadapi masalah kerusakan lingkungan dan ekosistem. Ancaman pemanasan global (global warming) yang menghantui umat manusia di seluruh dunia, antara lain disebabkan oleh ulah tangan-tangan manusia yang merusak lingkungan dan ekosistem.

Selain daripada itu, pembaca dapat menemukan pancaran permata teladan dari kehidupan para masyayikh lainnya dalam hal kezuhudan terhadap dunia,  akhlak dalam menuntut ilmu, pengorbanan untuk negeri, semangat patriotisme dalam membela tanah air dari cengkraman penjajah sampai teladan dalam melindungi kaum minoritas dan memperjuangkan tegaknya nilai-nilai kemanusian dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Semoga permata teladan dari kehidupan para masyayikh pesantren yang disajikan dalam buku ini dapat menjadi warisan berharga bagi pembaca sebagai bekal untuk mengisi kehidupan yang lebih bermanfaat dan bermakna. 


Penulis: Mokh. Syaiful Bakhri

Penerbit: Cipta Pustaka Utama

Ukuran/Tebal Buku/Cetakan: A5/140 halaman/Desember 2022

Harga: Rp 30.000,-



Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.