Langsung ke konten utama

HISTORIOGRAFI (kaum) MILITER INDONESIA






Judul Buku: 

HISTORIOGRAFI (kaum) MILITER INDONESIA: ARAH, TANTANGAN, DAN PROSPEK

Penulis: Dr. Kolonel Kusuma Espe

Penerbi: Cipta Pustaka Utama

Cetakan Pertama: Desember 2022

Tebal:  220 halaman

Harga:  Rp 75.000

Historiografi militer Indonesia, atau singkatnya disebut penulisan sejarah militer Indonesia, adalah cermin dari perjalanan tentara nasional itu sendiri. Kendatipun ada jarak antara history as happen (sejarah sebagaimana terjadi) dengan history as written (sejarah sebagaimana ditulis), setidaknya dengan metode penulisan maupun kesiapan perangkat metodologi sejarah yang mumpuni, akan dihasilkan penulisan yang objektif, relatif presisi dengan ruang, waktu, dan keadaan subjek kemiliteran yang diteliti. Ini akan menjadi cermin yang relatif bening, tempat para anggota militer maupun institusi TNI berkaca, baik untuk lebih mematut diri, ataupun memperbaiki performans.

Buku berjudul HISTORIOGRAFI (kaum) MILITER INDONESIA: ARAH, TANTANGAN, DAN PROSPEK ini merupakan kumpulan karya tulisan yang berupaya untuk memotret kiprah, bakti, dan perluasan dari para generasi militer Indonesia, di masa lalu, masa kini, maupun prospek mereka di masa depan.

Ditulis oleh Dr. Kolonel Kusuma Espe, seorang militer aktif dan juga intelektual, dirimya berupaya merepresentasikan penulisan sejarah militer dari dalam (military historical writing from within). Selain expertise-nya sebagai sejarawan, ia adalah anggota militer yang terlibat beberapa operasi militer di konflik Ambon, Aceh, dan terakhir menjadi perwira sejarah pada Kontingen Garuda 23A (Konga XXIIIA) di Lebanon, sebagai pasukan penjaga perdamaian di kawasan konflik perbatasan Israel-Lebanon.

 


Designed by Open Themes & Nahuatl.mx.